Telusuri

Minggu, 24 Maret 2019

Mengenal Lebih Jauh NETIKET (Etika Ber-Internet )

PENGERTIAN
 
Apa yang dimaksud dengan etika ber-internet? 

Dalam literatur komunikasi kita mengenal etika komunikasi.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan etika sebagai “ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak)”.
Etika sering disebut juga dengan “etiket” (étikét), yaitu “tata cara (adat sopan santun, dsb) dl masyarakat beradab dl memelihara hubungan baik antara sesama manusianya” (KBBI).
Saya lebih memilih kata “etika” ketimbang “etiket” karena etiket bisa dimaknai sebagai “e-ticketting” (electronic ticket) atau “karcis online”.
Dalam bahasa “sederhana” kita bisa memaknai etika komunikasi dengan “sopan-santun atau tatakrama dalam berkomunikasi” atau “cara berkomunikasi yang baik”.
Etika Internet (netiquette, netiket –kependekan dari “network etiquette” atau “Internet etiquette”) adalah “sopan-santun dalam berkomunikasi di internet, seperti dalam chating, kirim pesan, menulis status facebook, “berkicau” di twitter, menulis di blog (website), dan berkomentar di media online (situs berita)”.
Dapat pula netiket dipahami sebagai “adab pergaulan di dunia maya”.
Etika Internet pada dasarnya sama dengan etika berkomunikasi di “dunia nyata”  dalam kehidupan sehari-hari, seperti jujur, menggunakan kata-kata yang baik (sopan), ramah, serta berbicara jelas dan mudah dimengerti.
Salah satu rujukan etika komunikasi di internet (cyberspace) adalah artikel Virginia Shea (Netiquette, by Virginia Shea, published by Albion Books, San Francisco (info@albion.com). ©1994 Virginia Shea) berjudul The Core Rule of Netiquette.
Shea memberikan 10 peraturan ketika berinteraksi di dunia maya. Intinya sama dengan etika komunikasi dalam dunia nyata, seperti jangan menyakiti, jangan menyinggung perasaan, berbicara efektif, jangan sungkan minta maaf jika keliru, dan sebagainya.


Core Rule of Netiquette: Aturan Inti Netiket

1. Ingat, pengguna internet juga manusia
Remember the human. Jangan lupa, pengguna, netizen, atau orang yang membaca email atau posting Anda adalah manusia juga yang punya perasaan –bisa tersinggung atau sakit hati. Jadi, jangan menyakiti hati orang lain. Jangan kirim email atau posting yang sekiranya mempermalukan.

2. Etika komunikasi dunia nyata berlaku di dunia maya.
Adhere to the same standards of behavior online that you follow in real life. Standar etika komunikasi internet sama saja dengan etika komunikasi di dunia nyata, seperti etis, menghargai pendapat orang lain, dan jangan dan melanggar hukum (breaking the law is bad Netiquette).

3. Kenali aturan main di forum online.
Know where you are in cyberspace. Setiap situs atau forum online biasanya punya aturan main. Maka, taati aturan itu. Baca dulu aturan sebelum gabung. “Intai dulu sebelum melompat” (Lurk before you leap). Sadari Anda ada di forum apa dan bagaimana.

4. Hargai waktu dan ‘kuota’ orang lain.
Respect other people’s time and bandwidth. Posting pesan yang sesuai dengan grup diskusi. Jangan ajukan pertanyaan bodoh.
Baca dokumen FAQ (Frequently Asked Questions) atau “Yang Sering Ditanyakan” (YSD). Jangan posting hal yang sekiranya sudah diketahui anggota grup (don’t waste expert readers’ time by posting basic information).
    Jika Anda tidak setuju dengan sebuah forum online, jangan buang waktu dengan “menggugat” mereka. Tinggalkan saja! (If you disagree with the premise of a particular discussion group, don’t waste the time and bandwidth of the members by telling them how stupid they are. Just stay away).

5. Tampil baik di dunia daring.
Make yourself look good online. Cek grammar dan ejaan (tata bahasa) sebelum posting. Pahami yang Anda katakan dan pastikan ia masuk akal. Know what you’re talking about and make sense.

6. Bagikan pengetahuan dan keahlian Anda.
Share expert knowledge. Bagi pengetahuan dan wawasan Anda. Sedekah ilmu! Jawab pertanyaan yang ada jika Anda tahu.

7. Kendalikan emosi.
Help keep flame wars under control.  Kendalikan emosi Anda! Jangan posting apa pun dalam keadaan marah! Jangan posting atau kirim komentar yang bernada amarah tinggi!
Ada pepatah: Sesuatu yang di mulai dengan rasa marah akan menghasilkan penyesalan. Jangan ragu minta maaf jika Anda keliru atau menginggung perasaan orang lain.

8. Hargai privasi orang lain.
Respect other people’s privacy.  Hargai privasi orang. Jangan baca email, pesan, atau inbox pribadi orang lain. Don’t read other people’s private email.

9. Jangan salah gunakan wewenang.
Don’t abuse your power.  Jangan menyalahgunakan kekuasaan. Jangan korupsi!
Makin besar kekuasaan yang Anda mikiki, kian penting bagaimana menggunakannya. The more power you have, the more important it is that you use it well.

10. Maafkan kesalahan orang lain.
Be forgiving of other people’s mistakes. Jika orang lain salah, maafin aja….!

Netiket Pengguna yang Baik

Netiket juga tercantum dalam Internet Etiquette Rules dengan judul “Internet Etiquette Rules of Good Users“. Ada 10 poin netiket yang disebutkan di sana:

  1. Tinjau. Cek dulu kata-kata yang dituliskan sebelum dipublish, diposting, atau dikirim. Jangan salah ketik (typo); gunakan ejaan yang benar.
  2. Hati-hati menggunakan huruf kapital. Jangan gunakan semua huruf kapital (All Caps). Selain tidak nyaman dibaca, All Caps juga menyimbolkan bahwa kita sedang marah, berteriak, atau membentak.
  3. Kejujuran. Katakan yang sebenarnya. Berbohong di dunia maya itu bisa fatal akibatnya.
  4. Jadilah diri sendiri. Tidak perlu memalsukan identitas dengan mengaku sebagai orang lain.
  5. Jangan bikin masalah. Jangan posting ancaman, ujaran kebencian, menghina, atau hal negatif lain.
  6. Jangan kirim spam.
  7. Pesan. Tulis pedan dalam bahasa formal dan konservatif.
  8. Jawab. Kirim jawaban, komentar, atau respons di saat yang tepat.
  9. Situs aman. Gunakan situs aman.
  10. Bersikap bijak. Gunakan penilaian terbaik Anda.
 

 

0 komentar:

Posting Komentar