PENGERTIAN
Apa yang dimaksud dengan etika ber-internet?
Apa yang dimaksud dengan etika ber-internet?
Dalam literatur komunikasi kita mengenal etika
komunikasi.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan
etika sebagai “ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak
dan kewajiban moral (akhlak)”.
Etika sering disebut juga dengan “etiket” (étikét),
yaitu “tata cara (adat sopan santun, dsb) dl masyarakat beradab dl memelihara
hubungan baik antara sesama manusianya” (KBBI).
Saya lebih memilih kata “etika” ketimbang “etiket”
karena etiket bisa dimaknai sebagai “e-ticketting” (electronic ticket) atau
“karcis online”.
Dalam bahasa “sederhana” kita bisa memaknai etika
komunikasi dengan “sopan-santun atau tatakrama dalam berkomunikasi” atau “cara
berkomunikasi yang baik”.
Etika Internet (netiquette, netiket –kependekan dari
“network etiquette” atau “Internet etiquette”) adalah “sopan-santun dalam
berkomunikasi di internet, seperti dalam chating, kirim pesan, menulis status
facebook, “berkicau” di twitter, menulis di blog (website), dan berkomentar di
media online (situs berita)”.
Dapat pula netiket dipahami sebagai “adab pergaulan
di dunia maya”.
Etika Internet pada dasarnya sama dengan etika
berkomunikasi di “dunia nyata” dalam
kehidupan sehari-hari, seperti jujur, menggunakan kata-kata yang baik (sopan),
ramah, serta berbicara jelas dan mudah dimengerti.
Salah satu rujukan etika komunikasi di internet
(cyberspace) adalah artikel Virginia Shea (Netiquette, by Virginia Shea,
published by Albion Books, San Francisco (info@albion.com). ©1994 Virginia
Shea) berjudul The Core Rule of Netiquette.
Shea memberikan 10 peraturan ketika berinteraksi di
dunia maya. Intinya sama dengan etika komunikasi dalam dunia nyata, seperti
jangan menyakiti, jangan menyinggung perasaan, berbicara efektif, jangan
sungkan minta maaf jika keliru, dan sebagainya.
Core Rule of Netiquette: Aturan Inti Netiket
1. Ingat, pengguna internet juga manusia
Remember the human. Jangan lupa, pengguna, netizen,
atau orang yang membaca email atau posting Anda adalah manusia juga yang punya
perasaan –bisa tersinggung atau sakit hati. Jadi, jangan menyakiti hati orang
lain. Jangan kirim email atau posting yang sekiranya mempermalukan.
2. Etika komunikasi dunia nyata berlaku di dunia
maya.
Adhere to the same standards of behavior online that
you follow in real life. Standar etika komunikasi internet sama saja dengan
etika komunikasi di dunia nyata, seperti etis, menghargai pendapat orang lain,
dan jangan dan melanggar hukum (breaking the law is bad Netiquette).
3. Kenali aturan main di forum online.
Know where you are in cyberspace. Setiap situs atau
forum online biasanya punya aturan main. Maka, taati aturan itu. Baca dulu
aturan sebelum gabung. “Intai dulu sebelum melompat” (Lurk before you leap).
Sadari Anda ada di forum apa dan bagaimana.
4. Hargai waktu dan ‘kuota’ orang lain.
Respect other people’s time and bandwidth. Posting
pesan yang sesuai dengan grup diskusi. Jangan ajukan pertanyaan bodoh.
Baca dokumen FAQ (Frequently Asked Questions) atau
“Yang Sering Ditanyakan” (YSD). Jangan posting hal yang sekiranya sudah
diketahui anggota grup (don’t waste expert readers’ time by posting basic
information).
Jika Anda
tidak setuju dengan sebuah forum online, jangan buang waktu dengan “menggugat”
mereka. Tinggalkan saja! (If you disagree with the premise of a particular
discussion group, don’t waste the time and bandwidth of the members by telling
them how stupid they are. Just stay away).
5. Tampil baik di dunia daring.
Make yourself look good online. Cek grammar dan
ejaan (tata bahasa) sebelum posting. Pahami yang Anda katakan dan pastikan ia
masuk akal. Know what you’re talking about and make sense.
6. Bagikan pengetahuan dan keahlian Anda.
Share expert knowledge. Bagi pengetahuan dan wawasan
Anda. Sedekah ilmu! Jawab pertanyaan yang ada jika Anda tahu.
7. Kendalikan emosi.
Help keep flame wars under control. Kendalikan emosi Anda! Jangan posting apa pun
dalam keadaan marah! Jangan posting atau kirim komentar yang bernada amarah
tinggi!
Ada pepatah: Sesuatu yang di mulai dengan rasa marah
akan menghasilkan penyesalan. Jangan ragu minta maaf jika Anda keliru atau
menginggung perasaan orang lain.
8. Hargai privasi orang lain.
Respect other people’s privacy. Hargai privasi orang. Jangan baca email,
pesan, atau inbox pribadi orang lain. Don’t read other people’s private email.
9. Jangan salah gunakan wewenang.
Don’t abuse your power. Jangan menyalahgunakan kekuasaan. Jangan
korupsi!
Makin besar kekuasaan yang Anda mikiki, kian penting
bagaimana menggunakannya. The more power you have, the more important it is
that you use it well.
10. Maafkan kesalahan orang lain.
Be forgiving of other people’s mistakes. Jika orang
lain salah, maafin aja….!
Netiket Pengguna yang Baik
Netiket juga tercantum dalam Internet Etiquette Rules dengan judul “Internet Etiquette Rules of Good Users“. Ada 10 poin netiket yang disebutkan di sana:- Tinjau. Cek dulu kata-kata yang dituliskan sebelum dipublish, diposting, atau dikirim. Jangan salah ketik (typo); gunakan ejaan yang benar.
- Hati-hati menggunakan huruf kapital. Jangan gunakan semua huruf kapital (All Caps). Selain tidak nyaman dibaca, All Caps juga menyimbolkan bahwa kita sedang marah, berteriak, atau membentak.
- Kejujuran. Katakan yang sebenarnya. Berbohong di dunia maya itu bisa fatal akibatnya.
- Jadilah diri sendiri. Tidak perlu memalsukan identitas dengan mengaku sebagai orang lain.
- Jangan bikin masalah. Jangan posting ancaman, ujaran kebencian, menghina, atau hal negatif lain.
- Jangan kirim spam.
- Pesan. Tulis pedan dalam bahasa formal dan konservatif.
- Jawab. Kirim jawaban, komentar, atau respons di saat yang tepat.
- Situs aman. Gunakan situs aman.
- Bersikap bijak. Gunakan penilaian terbaik Anda.
0 komentar:
Posting Komentar